fbpx

 

Hidup di era digital yang serba canggih ini mengharuskan kita untuk segera menyesuaikan keadaan. Dalam dunia kerja hadirnya teknologi memungkinkan adanya otomasi berbagai pekerjaan rutin yang berulang yang menggantikan peran manusia. Pekerjaan saat ini memang banyak dimudahkan dengan teknologi. Namun, satu hal yang tidak bisa digantikan dengan mesin dan teknologi, yaitu soft skill. Artinya, keterampilan hard skill atau teknis yang canggih perlu dikombinasikan dengan kompetensi soft skill yang mumpuni.

 

World Economic Forum pada tahun 2018 merilis 10 skill yang dibutuhkan para pekerja untuk bisa menghadapi perubahan di revolusi Industri 4.0. Menariknya 6 dari 10 skill tersebut termasuk kedalam kategori soft skill yang dapat kita pelajari, diantaranya :

 

Problem Solving

Problem solving adalah kemampuan untuk mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk mengatasinya. Cara terbaik untuk melatih problem solving adalah melalui pengalaman dalam projek dan lain-lain.

 

Critical Thinking

Critical thinking adalah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional terhadap sebuah informasi dan tindakan. Cara untuk mempertajam critical thinking adalah dengan memperbanyak sudut pandang dan pengetahuan.

 

Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan hal baru, baik itu sebuah inovasi baru ataupun modifikasi. Hal terbaik untuk mempertajam kreativitas adalah dengan cara berpikir out of the box.

 

Human Resource Management

Human Resource Management adalah kemampuan untuk mengatur, dan menyesuaikan kemampuan manusia sehingga dapat bekerja secara maksimal. “right man in the right place”.

 

Emotional Quotient

Emotional Quotient adalah kemampuan untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi diri dan orang lain. Cara terbaik untuk melatih skill ini adalah melalui pengalaman menghadapi konflik.

 

Decision Making

Decision making adalah proses membuat pilihan dengan cara mengidentifikasi keputusan, mengumpulkan informasi, dan menilai resolusi alternatifnya. Cara untuk mempertajam skill ini dengan memahami probabilitas dan berpikir skeptis.

 

 

So, tingkatkan soft skill kalian dan siap menghadapi dunia kerja.