fbpx

Personal Quality Management

 

Pernah gak kamu merasa sudah melakukan berbagai macam hal positif, tapi respon lingkungan biasa aja? Bahkan kadang sampai muncul pikiran “Sebenernya gue kurang apa sih?”.

Kamu tau gak sih sebenernya masalahnya tuh bukan pada apa yang sudah kamu miliki, tetapi masalahnya adalah pada apa yang kamu pahami tentang lingkunganmu.

Terus caranya gimana supaya kamu bisa memahami lingkunganmu? Yang kamu butuhkan adalah Personal Quality Management, yaitu keterampilan untuk mengelola diri sendiri untuk mencapai sebuah kualitas diri sesuai dengan ekspektasi lingkungan kamu.

Kamu pernah gak sih membaur dengan lingkungan baru. berperilaku ramah, ngobrol sesuai topik, bahkan kadang sampai traktir makan dan minum, tapi tetep saja kamu merasa lingkungan itu seolah enggak bisa terima kamu. Apa yang sudah kamu lakukan sebenernya enggak salah, cuman ada yang kurang aja.

Kurangnya adalah kamu belum menganalisa apa sih harapan dari lingkungan terhadap kamu, jangan-jangan justru sebaliknya. Kamu berpikir harus menjadi ramah, ternyata mereka berharap kamu menjadi sosok yang tegas.

Problem seperti ini biasanya seringkali ditemukan pada lingkungan organisasi atau lingkungan kerja.

Untuk memperbaiki itu semua. Ada 4 pilar utama yang perlu kamu latih dalam menerapkan personal quality management.

  1. Kesadaran diri

Sadari kelebihan dan keuranganmu.

  1. Pengaturan diri

Perencanaan yang matang dan pelaksanaan rencana secara tepat dengan potensi yang dimiliki akan mempermudah seseorang mencapai tujuan hidup. Dalam hal ini yang kamu butuhkan adalah kemampuan dalam mengelola waktu, emosi dan prioritas.

  1. Pahami Ekspektasi

Cari tau apa yang sebenarnya menjadi ekspektasi atau keinginan lingkungan kamu. Karena jika tidak sesuai ekspektasi, sebaik apapun kamu tidak akan dianggap terlalu baik.

  1. Tunjukkan Perilaku

Setelah memahami ekspektasi, tunjukkan perilaku sesuai dengan ekspektasi yang ada.