fbpx

Apa Profesi Kekinian?

Setiap Hari kerjaan gue cuman main sosial media doang, nanti kalau udah gede gue mau jadi apa yaaa. Pernah gak teman-teman merasa galau dengan masa depan karena setiap hari cuma main HP dan social media aja? Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi di era digital mempengaruhi kehidupan kita hampir pada setiap sektor, tidak terkecuali juga dengan profesi. Tanpa kita sadari ternyata ada begitu banyak profesi-profesi baru yang bermunculan saat ini

1. Content Creator
Pesatnya perkembangan media sosial, khususnya YouTube dan Instagram, menghadirkan content creator sebagai profesi baru. Seorang content creator bertugas untuk membuat konten, baik berupa gambar, video, ataupun suara, mereka harus memiliki kemampuan seperti menulis, pengambilan gambar, hingga penyuntingan video.

2. UI/UX Designer
UI dan UX adalah dua buah profesi yang saling berhubungan. UI designer bertugas untuk membuat tampilan sebuah aplikasi menjadi menarik dan enak dilihat, sedangkan UX designer bertugas agar tampilan tersebut tidak menyusahkan pengguna.

3. Data Scientist
Ada yang pernah dengar istilah big data? Big data adalah sekumpulan data-data pribadi pengguna internet dan dikumpulkan oleh perusahaan untuk kepentingan bisnis. Data scientist bertugas untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data tersebut, kemudian mencari informasi bagi perkembangan bisnis perusahaan. Seorang data scientist dituntut untuk memiliki kemampuan pemrograman, memahami tools analisis, statistik, kalkulus, aljabar, komunikasi, hingga visualisasi data. Selain data scientist ada juga profesi lainnya seperti data analyst, dan data researcher.

4. Social Media Officer/ Social Media Specialist
Semakin maraknya pengguna media sosial menjadikan media sosial menjadi salah satu sarana promosi yang menjanjikan. Jika perusahaan memiliki media sosial, maka pelanggan dapat lebih mudah mengetahui informasi mengenai perusahaan. Terdapat dua profesi yang khusus menangani terkait sosial media ini, yang pertama Social media officer bertugas untuk mengelola dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan di media sosial, dan yang kedua adalah social media specialist bertugas untuk meningkatkan engagement dan awareness di media sosial.
Nahh untuk memahami lebih jauh lagi tentang profesi dan kemampuan apa saja yang harus kita persiapkan di era digital ini, jangan lewatkan “Jelasin Dong” edisi “Cara Jitu Memikat HR di Era Digital.”

“Bukan yang kuat yang akan bertahan, melainkan mereka yang mampu beradaptasi”