fbpx

Sering merasa stress karena tugas dan kerjaan numpuk?

Sebenarnya, stress kerja itu apa sih?

Stress kerja adalah sebuah respon alami yang kamu keluarkan ketika kamu memiliki tuntutan yang melebihi dari kapasitas yang kamu punya untuk mengerjakannya. Sebuah penelitian dari Stanford university menemukan bahwa stress tidak hanya berdampak kepada psikis seseorang saja melainkan juga kepada fisiknya. Beberapa penyakit fisik yang muncul akibat stress seperti serangan jantung, darah tinggi, diabetes, penurunan sistem imun, serta gangguan ereksi dan kesuburan.

Dari suduh pandang psikologi stress juga diartikan sebagai sebuah mekanisme manusia untuk merespon ancaman dan tantangan yang kita hadapi sehingga menempatkan kita pada kondisi fight or flight. Cara yang paling baik dalam menyelesaikan permasalahan stress ini adalah dengan cara mengelolanya, atau dalam ilmu psikologi dikenal dengan istilah Coping Stress. Coping stress sendiri terdiri dari dua macam, yaitu emotional-focused coping dan problem-focused coping.

  1. Emotional-focused coping

Coping stress yang berfokus pada emosi adalah bagaimana kamu merespon stress yang kamu miliki dengan cara mengelola emosi yang timbul karena stress tersebut. Jika stress yang kamu hadapi memunculkan emosi negative, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengurangi emosi negatif tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti jalan-jalan, nonton film, atau karaokean dan bermain game.

  1. Problem-focused coping

Yang kedua, coping stress yang berfokus pada masalah yang sedang dihadapi. Coping stress dengan pendekatan ini dengan cara menghilangkan masalahnya yang menjadi penyebab stress yang kamu alami.

Jika penyebab stress kamu adalah tugas kuliah yang banyak, maka kamu bisa menghilangkan stress tersebut dengan cara mengerjakannya, meminta tolong teman untuk membantu, atau menegosiasikan tugas tersebut dengan dosen.